Minggu pertama yang meresahkan

Tanda-tanda kehamilan minggu pertama adalah hari-hari yang cukup meresahkan bagi wanita untuk memastikan apakah mereka sedang hamil atau tidak. Berbagai cara dilakukan agar kepastian didapat dengan melakukan serangkaian test apakah kehamilan terjadi pada minggu pertama setelah mereka berhubungan dengan pasangan masing-masing. Biasanya dapat dilihat dengan tanda-tanda fisik tetapi kadang itu cukup sulit karena masih belum pasti karena calon bayi masih sangat kecil. Begitu juga dengan tanda-tanda perubahan berat badan yang dialami membuat dugaan sementara ada kemungkinan sedang hamil atau tidak.

Kehamilan yang mungkinan terjadi setelah melakukan hubungan intim dapat dilihat dengan perubahan pada payudara dengan meningkatnya hormon sehingga payudara akan terasa lembut jika disentuh. Permukaannya juga akan terlihat lebih luas akibat dari pembuluh darah bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang dan puting juga kelihatan lebih gelap. Kegagalan menstruasi merupakan gejala umum untuk menduga kehamilan sedang terjadi dan paling sering menarik perhatian. Kegagalan tersebut bisa juga disebabkan karena terlalu cemas atau ketakutan untuk tidak hamil, kesedihan yang berlebihan sehingga menyebabkan gagalnya periode menstruasi.

Jika tanda tanda itu telah meyakinkan maka perlu dipersiapkan periode panjang kedepan. Hal ini dapat dilihat dengan gejala mual atau muntah dan semua gejala yang terjadi tidak akan menyenangkan kecuali anda akan mempunyai anak. Gejala mual ini dapat terjadi setiap saat sepanjang hari baik pagi, siang ataupun pada malam hari. Akibat gejala mual seperti itu tentu juga akan mengurangi nafsu makan.
Sering ke kamar mandi dibandingkan dengan waktu sebelumnya juga menjadi salah satu gejala tanda kehamilan. Ini disebabkan karena janin sudah mulai tumbuh dengan mendorong kandung kemih sehingga menyebabkan sering buang air kecil

Kondisi dengan cepat emosi adalah sesuatu yang wajar. Tubuh akan dibanjiri dengan hormon sehingga ketidakseimbangan akan terjadi pada emosi seperti cepat marah dan sebagainya. Berbagai tanda selanjutnya akan terlihat seperti sembelit dan uang air kecil juga tidak akan nyaman dan kadang menjengkelkan.

Tanda apa lagi yang akan terlihat pada minggu pertama seperti terlihatnya bercak, begitu juga yang paling umum adalah dengan setelah 1 minggu setelah haid. Kram sering terjadi dengan kondisi seperti itu sehingga tingkat kelelehan juga semakin meningkat dengan catatan anda cukup sehat. Kemungkinan pendarahan ringan juga ada dengan adanya kram pada perut.

Semua ketidaknyamanan tersebut adalah hal yang wajar, jika anda mengerti hal tersebut anda tidak perlu panik justru bisa mempersiapkan diri lebih baik. Anda harus mengkonsumsi serat memadai serta vitamin, berbagai mineral sesuai dengan petunjuk dokter dan juga tidak makan secara berlebihan sehingga berat badan anda tambah secara gila-gilaan.

Tanda-tanda awal hamil minggu pertama menjadi perhatian yang sangat serius karena butuh kepastian, untuk minggu selanjutnya seperti minggu kedua, ketiga, keempat dan seterusnya hanya perlu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sebelumnya. Sering juga pasangan menjadi stres karena menyangka hamil ternyata hanya sakit perut biasa.

Semua tanda-tanda perubahan dalam diri anda sebaiknya anda perhatikan sebaik-baiknya sehingga anda mempunyai suatu indikator anda memang sedang hamil sehingga dengan mudah anda mewaspadai perubahan pada diri anda. Dengan keyakinan seperti itu anda lebih yakin untuk melakukan test kehamilan kepada dokter yang bersangkutan.

1 comment: