Sebelum haid datang perhatikan juga tanda lainnya

Bisa juga diketahui tanda-tanda kehamilan sebelum haid datang dengan memperhatikan tanda lainnya karena hamil tidak selalu tergantung kepada terlambatnya haid atau datang bulan.
Wanita juga punya indikator masing-masing untuk menduga kehamilan pada diri masing-masing walau cukup sulit memastikan bahwa mereka sedang hamil karena terlambatnya menstruasi atau disebabkan karena mereka sedang mengalami stres. Berbagai perubahan dalam tubuh bisa saja menjadi indikator mereka sedang hamil.

Kalau dilihat dari perubahan bentuk tubuh salah satunya adalah perubahan pada payudara. Perubahan ini dapat dilihat dengan membesarnya payudara bahkan sampai bengkak sampai terasa menyakitkan dan jika disentuh lebih lembut karena membesar tersebut, hal ini disebabkan karena peningkatan jumlah hormon secara mendadak. Jika dilihat dari kasat mata, puting akan semakin gelap mungkin terasa gatal dan kesemutan, dikarenakan pasokan darah ke payudara semakin meningkat dan tampak pembuluh darah juga semakin jelas , persiapan untuk menyusui.

Indikasi lain adalah seringnya buang air kecil ke kamar mandi. Hal ini disebabkan tubuh akan memproduksi lebih banyak darah untuk pengembangan si bayi dimana volume ekstra darah ini akan disaring melalui ginjal dan proses penyaringan urin lainnya sehingga si ibu ini akan lebih sering mengunjungi toilet. Ini bisa diindikasikan sebagai awal tanda kehamilan.

Jika sel telur telah dibuahi, maka akan menempel pada liang dan lapisan rahim, sehingga mungkin terjadi pendarahan pada implementasi. Hal yang paling sering dialami si Ibu adalah kram. Jadwal seperti ini umumnya dialami seminggu dari periode normal berikutnya. Adanya sembelit juga bisa sebagai indikasi kehamilan akibat dari pergerakan usus setiap minggunya.
Hal semua yang disebutkan diatas jelas akan membuat si ibu kelelahan dan ditambah dengan meningkatnya hormon progesteron dimana hormon ini sangat diperlukan untuk memperiapkan lapisan rahim dan untuk implantasi.
Meningatkatnya jumlah hormon ini juga bisa tumbuhnya jerawat pada tubuh si ibu.

Selain itu meningkatnya suhu tubuh juga bisa salah satu indikasi kehamilan walaupun ini agak kurang menjadi jaminan hamil. Suhu tubuh yang naik sekira 1 -2 derajat C memberikan peringatan secara halus tanda-tanda orang hamil sebelum haid datang. Suhu tubuh akan meningkat setelah ovulasi ketika ovarium dibuahi sperma. Implantasi yang terjadi setelahnya adalah berlangsung sekitar seminggu. JIka cukup teliti memperhatikan peningkatan suhu tubuh tersebut akan menjadi salah satu indikasi kehamilan sebelum haid datang.

Bagaimanapun juga cara diatas telatnya menstruasi, haid encer atau tidak teratur, adanya flek, adalah sebagai contoh cara mengetahui hamil atau tidak. Untuk pastinya adalah dengan mengunjungi dokter untuk melakukan test kehamilan. Dengan melakukan test kehamilan akan memberikan hasil positif  hamil atau tidak dengan semua indikasi yang disebutkan diatas.

Banyak pasangan yang tidak merencanakan hamil, justru hamil duluan sehingga dugaan awal bisa ditelusuri dengan yang disebutkan diatas. Banyak pula pasangan yang merencanakan dengan baik proses kehamilan sehingga mereka ingin tahu secepat mungkin. Mereka harus menunggu siklus menstruasi bulanan yang terjadi secara periodik, jika terlambat berarti berhasil hamil sehingga meningkatkan kebahagian mereka sehingga perencanaan hamil untuk minggu-minggu berikutnya akan semakin baik dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment